Followers

Thursday, December 5, 2013

Repost - Info Tanpa Gambar : Jenis Lensa

Jenis Dasar Lensa

1. Lensa Super Wide / 10mm / 15mm
Lensa Super Wide mempunyai fungsi mengambil gambar dengan cakupan yang sangat luas walau dari jarak dekat. Lensa ini sering digunakan untuk mengambil gambar bangunan secara keseluruhan atau mengambil gambar pemandangan. Karena lensa mencangkup area yang lebar dan luas, sehingga sering membentuk distorsi bentuk. Lensa ini mengadopsi fungsi pada mata ikan / fish eye.

2. Lensa Wide / 18mm / 24mm / 28mm
Tidak berbeda dengan lensa super wide. Lensa wide juga berfungsi mengambil gambar yang area nya luas dan besar. Lensa wide sangat populer dikalangan fotografer yang suka memotret pemandangan / panorama.

3. Lensa Normal / Standard / 50mm
Lensa normal bukan lah lensa murah sekalipun nama dari lensa ini terdengar biasa-biasa saja. Yang menjadi acuan dalam lensa sebenarnya adalah stardard pengukuran focal length sekitar 50mm yang diberi nama lensa normal. Kualitas foto yang dihasilkan juga sangat baik jika memotret dalam sudut dan jarak yang tepat. Lensa normal lebih sering dipakai untuk banyak keperluan karena tidak terlalu wide atau tele.

4. Lensa Telephoto / 100mm / 200mm / 300mm / 800mm
Lensa telephoto berfungsi untuk mengambil atau shot jarak jauh / long shot. Jenis lensa kamera dslr ini dapat mengambil jarak pandang yang jauh dikarenakan jarak focal length yang jauh juga dari sensor CCD. Biasanya lensa telephoto atau dikenal dengan lensa tele, digunakan untuk mengambil jepretan di ruangan seminar, tempat olah raga, dll. 

5. Lensa Makro / 50mm macro / 100mm macro
Terkadang saat menjumpai galery fotografi tentang foto bunga, serangga, ataupun foto benda-benda kecil, sering kita menganggap mungkin fotografer nya kurang kerjaan. Sampai-sampai hal kecil-kecil difoto juga sampai sangat detil. Padahal kesan unik dan detil hanya bisa dibuat oleh lensa makro saja. Lensa makro cocok digunakan untuk memotret benda-benda kecil supaya tampak jelas. 



p/s : sekarang dah mula bosan dengan lense basic * 50mm..
 tapi better amek lense apa yer? rasa teringin nak macro lens =) 




No comments: